Rabu, 08 April 2009

OLIMPIADE SAINS TINGKAT KOTA SEGERA DIGELAR

Wah ga terasa OSN bakal digelar lagi nih, diawali dengan olimpiade sains tingkat kota yang akan dilaksanakan tanggal 15 April 2009 yad, gimana nih persiapan kalian yang udah ditunjuk sebagai peserta yang mewakili sekolah ? Perasaan sih udah digembleng dengan intensif nih tapi gak tau juga yah kalo dari segi mentalnya dah siap belum ? Mudah mudahan kalian dah siap secara fisik maupun mental yah.

Ada baiknya baik peserta maupun guru guru pembimbing untuk tau apa sih sebenernya tujuan diselenggarakannya OSN khususnya di bidang Matematika itu. Tujuan diselenggarakannya OSN bidang Matematika itu adalah :

1. Menemukan, mendorong, menantang siswa SMA yang berbakat Matematika.
2. Memupuk hubungan persahabatan internasional antara siswa dan guru.
3. Tukar menukar informasi tentang silabi dan praktek pendidikan di seluruh dunia.

Yah barangkali dari tiga tujuan di atas kita bisa mencapai tujuan yang no 1 aja sudah syukur banget yah, karena untuk dapat menyelesaikan soal soal selevel olimpiade itu memang ga semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu diperlukan trik trik yang bisa dilakukan oleh peserta yaitu paham konsep, tekun dan mampu berpikir kreatif. Kalau kita tidak tekun, maka begitu menghadapi soal yang sulit biasanya kita cepat menyerah. Untuk itu hadapilah soal yang sulit itu dengan penuh ketekunan.Biasanya kita gagal bukan karena kita tidak mempunyai kemampuan melainkan karena kita tidak mempunyai kesungguhan atau ketekunan. Bahkan Calvin Coolidge mengatakan bahwa "Tak satupun dapat menggantikan ketekunan untuk mencapai keberhasilan". Kegeniusan tidak, banyak orang yang genius tetapi karena malas akhirnya mengalami kegagalan.

Menghadapi soal yang sulit ibarat kita berada dalam ruangan yang penuh kegelapan. Kita bingung dimana pintu berada. Kalau kita diam saja, tentu kita tidak akan keluar dari ruangan tersebut. Satu satunya cara adalah lakukan apa saja yang bisa kita kerjakan.

Oke, para duta olimpiade sekolah.....Goodluck yah...semoga tips tadi bermanfaat, tetap semangat, ...ingat ketekunan anda adalah penentu keberhasilanmu.
May Godbless You....

2 komentar:

  1. tips yang sangat bermanfaat bunda

    Pondokku

    BalasHapus
  2. wa.... bunda peduli banget ma itung²an..
    but... salud dech buat bunda... terus semangat majukan bangsa ini....

    BalasHapus