This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 31 Mei 2009

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Cooperative learning atau pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang saat ini banyak digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa(student oriented), terutama untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan guru dalam mengaktifkan siswa, yang tidak dapat bekerja sama dengan orang lain, siswa yang agresif dan tidak peduli pada yang lain. Model pembelajaran ini telah terbukti dapat dipergunakan dalam berbagai mata pelajaran dan berbagai usia.
Ada banyak alasan mengapa pembelajaran kooperatif tersebut mampu memasuki mainstream (kelaziman) praktek pendidikan. Selain bukti bukti nyata tentang keberhasilan pendekatan ini, pada masa sekarang masyarakat pendidikan semakin menyadari pentingnya para siswa berpikir, memecahkan masalah, serta menggabungkan kemampuan dan keahlian. Walaupun memang pendekatan ini akan berjalan baik di kelas yang kemampuannya merata, namun sebenarnya kelas dengan kemampuan siswa yang bervariasi lebih membutuhkan pendekatan ini. Karena dengan mencampurkan para siswa dengan kemampuan yang beragam tersebut, maka siswa yang kurang akan sangat terbantu dan termotivasi siswa yang lebih. Demikian juga siswa yang lebih akan semakin terasah pemahamannya.
Beberapa ciri dari pembelajaran kooperatif adalah :
a. setiap anggota memiliki peran
b. terjadi hubungan interaksi langsung di antara siswa
c. setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas belajarnya dan juga teman teman sekelompoknya
d. guru membantu mengembangkan keterampilan keterampilan interpersonal kelompok
e. guru hanya berinteraksi dengan kelompok saat diperlukan

Tiga konsep sentral yang menjadi karakteristik pembelajaran kooperatif sebagaimana yang dikemukakan Slavin(1995), yaitu penghargaan kelompok, pertanggung jawaban individu, dan kesempatan yang sama untuk berhasil.
Dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa variasi model yang dapat diterapkan, yaitu di antaranya :
1. Student Team Achievement Division (STAD)
2. Jigsaw
3. Group Investigation (GI)
4. Rotating Trio Exchange
5. Group Resume
Dari berbagai model pembelajaran tersebut yang banyak dikembangkan adalah model STAD dan Jigsaw.

Sabtu, 30 Mei 2009

KEJUTAN PAGERANK DARI GOOGLE

Tadinya aku paling gak PD kalo yang namanya disuruh ngecek Pagerank ataupun traffic alexa, tapi ga tau kenapa hari ini aku iseng iseng pingin liat apakah blog ku yang cupu dan sepi pengunjung ini sudah ada PR nya atau belum, trus alexanya berapa. Aku selalu membayangkan kalo PR nya pasti nol (hehehe....) dan alexanya pasti di atas 1 juta. Kenapa aku berpikiran seperti itu, yah kalo pas BW dan liat blog blog sahabat koq ya...kayanya bagus bagus dan levelnya aku rasa sangat jauh di atas blog ku yang sangat cupu ini.

Gak tau kenapa, hari ini aku koq punya keinginan untuk mengecek PR dan Alexa ku hehehe padahal aku sendiri ga tau gimana cara ngeceknya. Dengan modal berani, aku coba coba aja dari google, ternyata bisa dan SURPRISE sekali antara percaya dan tidak.....blog ku yang baru seumur jagung dan domainnya pun dari pemberian sobat blogger yang udah berbaikhati ...hehehe, ternyata dapat PR 2 dari Google. Trus terang aku sampe ga yakin....ini ada yang salah ga yah...koq blog yang pada lugu lugu ini (hihihi....emang ada yah blog lugu) dengan pemilik yang masih agak2 gatek koq bisa dikasih PR 2.

Bagiku ini kado terindah, bikin tambah semangat....karena sepertinya kali ini oom googlenya lagi hoby kasih surprise sama blog yang cupu cupu yah hehehe,...thanks banget bagi sobat sobat blogger yang sudah kasih support, yang sering visit, terutama sobat2 blogger senior.

Jumat, 15 Mei 2009

AWARD DARI RENI


Yeee...... seneng bangett dapat award lagi, kali ini dari sahabatku Reni. Makasih ya Ren....semoga kita bisa semakin dekat n saling share terus yah. Keep blogging.....

Kamis, 30 April 2009

LAGI.....SIMBOL PERSAHABATAN








Kali ini sahabatku Yudie yang memberikan award untukku. Tentunya ini hal yang menyenangkan bagi para blogger, karena kita merasa menjadi orang yang terpilih. Sekali lagi thanks banget yah buat Yudie atas award yang udah diberikan.

Kali ini aku akan berikan award ini pada sahabat sahabatku :

1. Yani
2. Azman
3. Deddy
4. Yeni
5. Qayahati

Senin, 27 April 2009

PERMEN KARET BANTU SISWA PAHAMI MATEMATIKA

Weh...., bakal repot neh para tenaga cleaning servis sekolah kalo hasil penelitian ini emang bener bener diterapkan oleh siswa...hehehe, karena bakal banyak sekali limbah permen karet yang dibuang siswa secara sembrono padahal kita kan jijay banget dengan yang namanya bekas permen karet. Koq bisa gitu yah....yuk kita lihat apa sih yang sebenernya terjadi pada penelitian ini.

Riset yang dilakukan oleh Baylor College of Medicine Houston menyimpulkan bahwa permen karet dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami matematika.
Salah seorang peneliti Craig Johnston menjelaskan siswa yang mengonsumsi permen karet selama pelajaran matematika mendapatkan nilai lebih baik dari rata rata kelasnya. Dampak positif tersebut dapat dirasakan setelah 14 minggu. Bahkan di akhir semester nilai matematika pelajar yang mengonsumsi permen karetdi atas mereka yang tidak mengonsumsi.Para peneliti di Baylor melakukan studi terhadap empat kelas matematika, setengah dari sampel penelitian tersebut diberi permen karet gratis untuk dikonsumsi selama mengikuti pelajaran matematika, mengerjakan PR dan saat ujian.Sementara sisanya tidak mengonsumsi permen karet.

Setelah 14 minggu, mereka yang mengonsumsi permen karet nilai matematikanya meningkat tiga persen dari sebelumnya. Hasil penelitian tersebut ditampilkan dalam forum nutrisi untuk masyarakat Amerika di New Orleans.

Itu hanya sekedar hasil penelitian sih....walaupun hasilnya secara statistik kecil tapi dinilai cukup signifikan tuh. Kalo ngeliat dari penyandang dana atau sponsor dari riset ini yang merupakan perusahaan permen karet terkemuka....saya kira wajar wajar aja hasilnya begitu. Benar atau ga nya wallahualam....kalo emang bner wah kita musti siap siap bikin peraturan baru tentang limbah permen karet yang bikin jijay itu....hiiiiiiy.

Sumber : Linggau Post

Jumat, 17 April 2009

DUH AWARD LAGI.....NIH


















Kali ini yang ngasih gw award adalah Fanda.....sahabat baru gw yang udah baek n care banget memberikan award ini, lagi lagi aku ga nyangka loh ternyata temen temen di dunia blogger ini bisa bikin motivasi dengan cara yang sangat kreatif. Sekali lagi thanx ya Fanda...

Rabu, 15 April 2009

PUISI MATEMATIKA

Matematika Sama Indahnya dengan Puisi dan Musik

Pendiri Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana menyerahkan sertifikat Muri kepada Rektor Universitas Sriwijaya Badia Perizade (kanan). Unsri memecahkan rekor sebagai penyelenggara lomba puisi matematika pertama.

Membuat puisi cinta untuk sang pujaan hati sudah hal biasa, tetapi bagaimana jika membuat puisi bertema matematika?

Sulit membayangkan membuat rumus matematika yang membuat dahi berkerut menjadi untaian kalimat yang indah. Tetapi, itulah kenyataannya.

Itu sebabnya, Museum Rekor Indonesia (Muri) memberikan penghargaan kepada Universitas Sriwijaya (Unsri) sebagai penyelenggara lomba puisi matematika yang pertama sekaligus diikuti peserta terbanyak.

Sertifikat Muri diserahkan langsung oleh pendiri Muri dan pakar kelirumologi Jaya Suprana kepada Rektor Unsri Badia Perizade di sela-sela Konferensi Nasional Matematika XIV dan Kongres Himpunan Matematika Indonesia, Kamis (24/7/2008). Acara penyerahan sertifikat berlangsung di gedung Pascasarjana Unsri, Jalan Padang, Selasa di Palembang.

Bagi Anda yang penasaran dengan puisi matematika, bisa menikmati 30 puisi terbaik yang dipamerkan di kompleks pascasarjana Unsri.

Para pemenang lomba puisi matematika berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan sejumlah pemenang berasal dari kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Ketua panitia Konferensi Nasional Matematika XIV Zulkardi menuturkan, lomba tersebut diikuti 2.008 peserta dari seluruh Indonesia dengan kategori SD sampai mahasiswa.

"Meskipun banyak sekali puisi matematika yang dikirimkan, ternyata temanya tetap tidak jauh dari soal cinta," kata Zulkardi.

Zulkardi menuturkan, matematika sangat penting bagi kehidupan manusia. Hampir semua teknologi yang dimanfaatkan manusia berbasis ilmu matematika. "Telah terjadi pergeseran dalam ilmu matematika. Siswa tidak hanya belajar matematika agar bisa berhitung. Matematika menjadi kebutuhan dalam kehidupan global," ujar Zulkardi.

Menurut Jaya Suprana, puisi dan matematika sama-sama memiliki keindahan. Pemecahan rekor ini tidak hanya di bidang kesenian dan pengetahuan, tetapi juga di bidang peradaban dan kebudayaan manusia yang adiluhung.

"Saya mengusulkan agar puisi matematika ini diterbitkan dalam bentuk buku. Teman saya dari penerbit Gramedia pasti mau menerbitkan," ujar Jaya Suprana yang siang itu tampil dengan pakaian serba hitam yang menjadi ciri khasnya.

Jaya Suprana yang pernah belajar musik di Hanover, Jerman, menuturkan bahwa musik ternyata juga sama dengan matematika.

"Saya menemukan rumus pembagian nada pentatonis pada gamelan yang dibagi lima dan semuanya adil, tidak dibagi 12 seperti alat musik Barat. Sistem pentatonis seperti pada gamelan hanya ada di Indonesia," kata Jaya Suprana yang juga dikenal sebagai pianis itu.

Menurut Jaya Suprana, matematika itu indah sekali. Agama maupun filosofi Pancasila pun berdasarkan matematika. Oleh sebab itu, sudah seharusnya matematika mendapat tempat terhormat di Indonesia.



Sumber : www.unsri.ac.id