This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 20 Agustus 2009

STANDAR PROFESIONAL UNTUK MENGAJAR MATEMATIKA

Meskipun Prinsip-prinsip dan Standar NCTM (National Council of Teacher Mathematics)memuat prinsip-prinsip mengajar dan penilaian, tetapi tekanannya pada kurikulum. Berbeda dengan Prinsip-prinsip dan standar, standar profesional untuk mengajar matematika menitik beratkan pada pengajaran. Standar profesional menyatakan bahwa guru harus mengubah pendekatan pengajarannya dari pengajaran terpusat pada guru menjadi pengajaran terpusat pada siswa.

LIMA PERUBAHAN DALAM KELAS
Bagian pendahuluan dari standar profesional memuat lima perubahan pokok dalam pengajaran matematika yang diperlukan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan matematikanya. Guru perlu:

Mengubah kelas dari sekedar kumpulan siswa menjadi komunitas matematika.
Menjadikan logika dan bukti matematika sebagai alat pembenaran dan menjauhkan
otorita guru untuk memutuskan suatu kebenaran.
Mementingkan pemahaman daripada hanya mengingat prosedur.
mementingkan membuat dugaan, penemuan dan pemecahan soal dan menjauhkan dari
tekanan dan penemuan jawaban secara mekanis.
Mengaitkan matematika, ide-ide dan aplikasinya, dan tidak memperlakukan
matematika sebagai kumpulan konsep dan prosedur yang terasingkan.

Selasa, 28 Juli 2009

BACK TO CAMPUS

Pada saat matrikulasi kelas Bahasa Inggris dengan dosen Prof.DR.Chuzaimah Dahlan Diem kami membahas suatu jurnal hasil penelitian tentang pembelajaran jarak jauh dan segala kesulitan yang dihadapi. Ada suatu kalimat dalam temuan hasil penelitian pada jurnal Interactive Educational Multimedia yaitu " moreover, they were confused about the condition and demands of the learning tasks since they admitted that they didnot know how to react to a new learning experience. A mismatch between their initial axpectation of commitmen and effort and the real demands of the distance study was observed."
Ternyata belajar jarak jauh memang banyak sekali hambatannya, itulah yang saya alami sekarang. Walaupun pada konteks yang sedikit berbeda karena saya tidak mengalami proses belajar jarak jauh namun hampir mirip mirip karena bakal kembali lagi ke kampus setelah sekian lama meninggalkan dunia perkuliahan sejak tahun 1993.
Dapat dibayangkan bagaimana sulitnya memanajemen waktu dalam proses perkuliahan kembali yang jelas jelas suasana dan kondisinya tidak lagi seperti saat kuliah di S1.
Kembali ke kampus dan memulai perkuliahan ketika tugas wajib 24 jam mengajar harus dilaksanakan dan jarak tempuh kampus yang tidak dekat serta tanggungjawab sebagai ibu dari 3 anak tentu bukanlah suatu hal yang gampang.
Namun itulah tantangannya ketika tuntutan dalam dunia pendidikan semakin menghendaki perubahan keilmuan yang semakin menantang. Tugas dalam mengembangkan diri untuk lebih baik dari yang sekarang sangat berat baik dari segi pengorbanan waktu, materi dan tenaga.
Adalah suatu rutinitas bagi saya sekarang adalah kembali ke kampus, kembali pada dunia perkuliahan,kembali berjuang menimba ilmu demi kemajuan dunia pendidikan.
Sehubungan dengan hasil penelitian di atas kesulitan utama yang akan dihadapi adalah manajemen waktu, mengorganisasi dan merencanakan kapan dan bagaimana untuk mengerjakan tugas belajar itu.
Dengan bermodalkan semangat dan niat yang tulus mudah mudahan aku bisa berhasil, walaupun terlalu dini mungkin untuk bicara suatu kesuksesan.

Senin, 22 Juni 2009

BINGKISAN DARI RIA






Lagi lagi aku mendapatkan bingkisan istimewa nih dari Ria Adria sobat bloggerku yang selalu nyempetin mengunjungi blogku, walopun usianya mungkin masih sangat muda n jauh di bawah aku hehehe...tapi ga menghalangi kita untuk tetep menjalin silaturahmi. Thanks ya Ria,....award ini juga akan aku bagikan pada sobat blogger yang lain..., n yang aku pilih untuk ndapetin award ini adalah....

Rere(Sobat setiaku....heheh)
Yesi
Zafran

Senin, 15 Juni 2009

WORKSHOP PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Undangan Workshop untuk guru-guru yang ada di kota kita tercinta Lubuklinggau bumi serasan sekantenan. Akan diselenggarakan untuk pertama kalinya WORKSHOP PMRI DI LUBUKLINGGAU. Pada hari Sabtu, 18 Juli 2009 pukul 08.00 s/d 17.00 WIB. dengan narasumber/fasilitatornya adalah:



1. Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Komp., M.Sc. (Ketua P4MRI Sumatera Selatan)

2. Dra. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si. (Anggota P4MRI Sumatera Selatan)

3. Pirdaus, S.Pd., M.M. (Widyaiswara Matematika LPMP Sumsel)

4. Ullya, S.Pd. (Widyaiswara Matematika LPMP Sumsel)

Bagi yang berminat ayo segera menghubungi kami di sekretariatnya dengan alamat STKIP PGRI Lubuklinggau.

Diposkan oleh enjoy matematika, asyik lho... di 20:34

Minggu, 31 Mei 2009

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Cooperative learning atau pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang saat ini banyak digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa(student oriented), terutama untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan guru dalam mengaktifkan siswa, yang tidak dapat bekerja sama dengan orang lain, siswa yang agresif dan tidak peduli pada yang lain. Model pembelajaran ini telah terbukti dapat dipergunakan dalam berbagai mata pelajaran dan berbagai usia.
Ada banyak alasan mengapa pembelajaran kooperatif tersebut mampu memasuki mainstream (kelaziman) praktek pendidikan. Selain bukti bukti nyata tentang keberhasilan pendekatan ini, pada masa sekarang masyarakat pendidikan semakin menyadari pentingnya para siswa berpikir, memecahkan masalah, serta menggabungkan kemampuan dan keahlian. Walaupun memang pendekatan ini akan berjalan baik di kelas yang kemampuannya merata, namun sebenarnya kelas dengan kemampuan siswa yang bervariasi lebih membutuhkan pendekatan ini. Karena dengan mencampurkan para siswa dengan kemampuan yang beragam tersebut, maka siswa yang kurang akan sangat terbantu dan termotivasi siswa yang lebih. Demikian juga siswa yang lebih akan semakin terasah pemahamannya.
Beberapa ciri dari pembelajaran kooperatif adalah :
a. setiap anggota memiliki peran
b. terjadi hubungan interaksi langsung di antara siswa
c. setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas belajarnya dan juga teman teman sekelompoknya
d. guru membantu mengembangkan keterampilan keterampilan interpersonal kelompok
e. guru hanya berinteraksi dengan kelompok saat diperlukan

Tiga konsep sentral yang menjadi karakteristik pembelajaran kooperatif sebagaimana yang dikemukakan Slavin(1995), yaitu penghargaan kelompok, pertanggung jawaban individu, dan kesempatan yang sama untuk berhasil.
Dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa variasi model yang dapat diterapkan, yaitu di antaranya :
1. Student Team Achievement Division (STAD)
2. Jigsaw
3. Group Investigation (GI)
4. Rotating Trio Exchange
5. Group Resume
Dari berbagai model pembelajaran tersebut yang banyak dikembangkan adalah model STAD dan Jigsaw.

Sabtu, 30 Mei 2009

KEJUTAN PAGERANK DARI GOOGLE

Tadinya aku paling gak PD kalo yang namanya disuruh ngecek Pagerank ataupun traffic alexa, tapi ga tau kenapa hari ini aku iseng iseng pingin liat apakah blog ku yang cupu dan sepi pengunjung ini sudah ada PR nya atau belum, trus alexanya berapa. Aku selalu membayangkan kalo PR nya pasti nol (hehehe....) dan alexanya pasti di atas 1 juta. Kenapa aku berpikiran seperti itu, yah kalo pas BW dan liat blog blog sahabat koq ya...kayanya bagus bagus dan levelnya aku rasa sangat jauh di atas blog ku yang sangat cupu ini.

Gak tau kenapa, hari ini aku koq punya keinginan untuk mengecek PR dan Alexa ku hehehe padahal aku sendiri ga tau gimana cara ngeceknya. Dengan modal berani, aku coba coba aja dari google, ternyata bisa dan SURPRISE sekali antara percaya dan tidak.....blog ku yang baru seumur jagung dan domainnya pun dari pemberian sobat blogger yang udah berbaikhati ...hehehe, ternyata dapat PR 2 dari Google. Trus terang aku sampe ga yakin....ini ada yang salah ga yah...koq blog yang pada lugu lugu ini (hihihi....emang ada yah blog lugu) dengan pemilik yang masih agak2 gatek koq bisa dikasih PR 2.

Bagiku ini kado terindah, bikin tambah semangat....karena sepertinya kali ini oom googlenya lagi hoby kasih surprise sama blog yang cupu cupu yah hehehe,...thanks banget bagi sobat sobat blogger yang sudah kasih support, yang sering visit, terutama sobat2 blogger senior.

Jumat, 15 Mei 2009

AWARD DARI RENI


Yeee...... seneng bangett dapat award lagi, kali ini dari sahabatku Reni. Makasih ya Ren....semoga kita bisa semakin dekat n saling share terus yah. Keep blogging.....