Selasa, 28 Juli 2009

BACK TO CAMPUS

Pada saat matrikulasi kelas Bahasa Inggris dengan dosen Prof.DR.Chuzaimah Dahlan Diem kami membahas suatu jurnal hasil penelitian tentang pembelajaran jarak jauh dan segala kesulitan yang dihadapi. Ada suatu kalimat dalam temuan hasil penelitian pada jurnal Interactive Educational Multimedia yaitu " moreover, they were confused about the condition and demands of the learning tasks since they admitted that they didnot know how to react to a new learning experience. A mismatch between their initial axpectation of commitmen and effort and the real demands of the distance study was observed."
Ternyata belajar jarak jauh memang banyak sekali hambatannya, itulah yang saya alami sekarang. Walaupun pada konteks yang sedikit berbeda karena saya tidak mengalami proses belajar jarak jauh namun hampir mirip mirip karena bakal kembali lagi ke kampus setelah sekian lama meninggalkan dunia perkuliahan sejak tahun 1993.
Dapat dibayangkan bagaimana sulitnya memanajemen waktu dalam proses perkuliahan kembali yang jelas jelas suasana dan kondisinya tidak lagi seperti saat kuliah di S1.
Kembali ke kampus dan memulai perkuliahan ketika tugas wajib 24 jam mengajar harus dilaksanakan dan jarak tempuh kampus yang tidak dekat serta tanggungjawab sebagai ibu dari 3 anak tentu bukanlah suatu hal yang gampang.
Namun itulah tantangannya ketika tuntutan dalam dunia pendidikan semakin menghendaki perubahan keilmuan yang semakin menantang. Tugas dalam mengembangkan diri untuk lebih baik dari yang sekarang sangat berat baik dari segi pengorbanan waktu, materi dan tenaga.
Adalah suatu rutinitas bagi saya sekarang adalah kembali ke kampus, kembali pada dunia perkuliahan,kembali berjuang menimba ilmu demi kemajuan dunia pendidikan.
Sehubungan dengan hasil penelitian di atas kesulitan utama yang akan dihadapi adalah manajemen waktu, mengorganisasi dan merencanakan kapan dan bagaimana untuk mengerjakan tugas belajar itu.
Dengan bermodalkan semangat dan niat yang tulus mudah mudahan aku bisa berhasil, walaupun terlalu dini mungkin untuk bicara suatu kesuksesan.

3 komentar:

  1. mampir nih bunda,,udah lama nggak kesini.
    tetap semangat ya bunda..rajin-rajin belajar.hehehe

    BalasHapus
  2. Apa kabar neh Bunda ?

    Semangat Bunda.....
    maju terusss....

    BalasHapus
  3. semangat kampus menjadi mahasiswa....

    BalasHapus